Kamis, 21 Februari 2013

AUDITORIAL ekspresikan gaya belajarmu!

Hari kamis.. Bete euy hari ini, mana sakit perut, ga ada aer di kosan, ga enak banget, jadi betah di rumah dibanding di kosan.

Minggu ini ada beberapa kerjaan yang mesti dikerjain, supervisi ke kimia farma, benerin - jilid laporan, liat info di kampus dan.. prepare untuk UPP ttapi malesnya gilaaa.. kmalesan ini bisa sedikit dibantu dengan beberapa cara, dan ini efektif bagiku. Salah satunya hidupin player musik dan jrenggg... rate gairah hidup menanjak linier ke atas , dan ini saya sadari setelah mengikuti sekolah NF-NLP & THH, disana beberapa kali saya ter-pergoki bergaya AUDITORIAL saat bercerita dan memperhatikan orang bicara tanpa disadari, setelah digali mengenai materi SISTEM REPRESENTATIF ternyata beberapa indikator cocok sekali dengan karakter saya.

Indikator AUDITORIAL (beberapa yang saya alami) :

1. Kalo temen lagi bicara (ngobrol) bukan di liat mukanya tapi ngdeketin telinga (apa? sambil deketin telinga ke lawan bicara -berusaha mencari suara- )

2. Paling suka ngoreksi predikat orang yg lagi ngobrol, (tah nu sok ceceletukan di kelas)

3. Kalo lgi di jalan berisik, semua papan informasi dia baca, "dijual rumah..." "pangkas rambut" "Hadirilah seminar keperawanan.." (relatif)

4. Dll,, intinya paling peka sama suara, contoh, kalo manggil cukup di panggil namanya langsung noleh ga usah dideketin trus di tepuk pundaknya (semua juga kalo di panggil namanya pasti noleh, begooo... -_- )

-Alhamdulilah, 'buang hajat' terlaksana... tdi kebelett lgi nulis sakit perut. apa jadinya kalo ada yang pengen boker tapi aernya tinggal 3 gayung? :( segayung buat nyebor, segayung buat cebok, segayung buat cuci kaki? mana cukuppp?! begoo... gw inget film "nenek gayung" dy mati penasaran karna ga sempet di mandiin terus jadi hantu deh bawa bawa gayung mnta di mandiin ke rumah2. Trus kalo ada yg boker (bukan gw, amit amit jabang bayi, na'udzubillah... pahit pahit pahit -ngetuk jidat ama lantai-) mati penasaran karna jatuh di wc terpeleset, dy berubah jadi aa gayung/teteh gayung, jadi hantu penasarann, bawa gayung kemana-mana, tiap rumah didatengin mlm2, "hi hi hi hi, (gaya suara hantu) buka pintu.. tok tok tok" pas dibuka, dy uda nonggeng, cobekin dong,, kurang aernya, banjurin dong,, 'itu' nya masih nyisa, cuci kaki,, aernya masih ada?... begooo, -_- gw juga ga ada aerr, lo salah dteng hantu gayunggg... kosan gw aernya macet-

Nah, karna cerdas AUDITORIAL ini justru membuat saya semakin mampu menggali potensi diri, salah satunya dalam belajar, saya baru tahu knp belajar saya selama ini paling sering ga fokus nya, dan ternyata itu terjadi karna 'audi' ku ga fokus, mungkin karna peka semua suara ditangkap dan akhirnya malah fokus suara tersebut dibanding apa yang dibaca, apa lagi kalo lgi baca/belajar terus ada yng curhat, yang terjadi bukan materi masuk malah nguping yang lagi curhat, begitupun kalo ada TV trus acaranya KISS, Selebrita, HotSpot, wah udah deui malah bias belajarnya. Makanya sebagian orang lebih memilih diam sendiri di kamar hening tanpa suara agar belajarnya berhasil.

Saya sendiri punya cara sendiri, apalagi udah ketahuan karakter REPRESENTATIF saya yaitu auditorial, nyobain baca buku sambil dengerin musik pake headset dengan volume 25% (suaranya kecil terdengar sayu) justru karna suara kecil bikin 'audi' ('telinga') mencari suaranya dan terfokus sendiri, sambil baca pke suara sebatas kedenger aja ditelinga, fokusnya terbawa dan ternyata jauh lebih efektif, mengerti materi lebih cepet dan ingatan lebih lama. apa lagi kalo sambil DISKUSI ituuu lebih wow lagi, karna bagi orang AUDITORIAL sardar ga sadar, suka ga suka, suatu hal yang didiskusikan/diobrolkan lebih mudah diingat dan sulit lupa. Hal ini (yang pake diskusi) pernah saya coba saat 1 jam sebelum sidang PKPA PBF di mulai, dan itu membuat saya bisa lancar jawab semua pertanyaan penguji, AMAZING!!

Kisah nyata. Try and trust me it WORKS!

copyright- Djarot, S.Farm., CHt

Tidak ada komentar:

Posting Komentar